Jaminan Hari Tua dengan Menggunakan Asuransi Ketenagakerjaan

Hari ini kami akan membahas mengenai asuransi ketenagakerjaan jaminan hari tua. Sebagai pekerja formal seperti karyawan pabrik, PNS, dan karyawan lainnya maka kamu perlu perlindungan atas risiko dari pekerjaan.

Risiko pekerjaan bermacam – macam, ada yang pekerjaannya berada di perjalanan sehingga berisiko kecelakaan, kemudian di pabrik berisiko dengan mesin pabrik yang tajam, dan masih banyak risiko lainnya.

Negara melindungi warga negaranya yang berstatus pekerja dengan menyediakan asuransi khusus ketenagakerjaan. Dimana biaya asuransi tersebut akan diambil atau dipotong dari gaji pribadi karyawan sehingga tidak membebani.

Selama bekerja, pekerja – pekerja tersebut wajib mendapatkan asuransi ketenagakerjaan jaminan hari tua. Jadi bukan hanya PNS saya yang akan mendapatkan dana pension. Karyawan pabrik juga akan mendapatkan fasilitas tersebut.

Pembiayaan jaminan di hari tua seperti itu prakteknya telah dilakukan di banyak negara. Kecelakaan dalam bekerja tidak dapat dipungkiri sebab kita tidak tahu kejadian yang akan terjadi di masa depan.

Dengan memanfaatkan dana asuransi maka kebutuhan di hari tua akan terpenuhi tanpa harus bekerja. Tujuan utama dari pemerintah adalah mensejahterakan rakyatnya saat sudah memasuki usia tua.

Selain jaminan di hari tua, para pekerja pabrik juga akan mendapatkan beberapa fasilitas selama masih menjadi karyawan. Salah satunya adalah pengobatan yang layak menggunakan kartu asuransi tersebut.

Asuransi Ketenagakerjaan Jaminan Hari Tua untuk Para Pekerja

Jaminan social bagi para tenaga kerja ternyata tidak hanya dinikmati oleh pekerja itu sendiri. Melainkan keluarga juga ikut merasakan manfaatnya. Jika kamu sering mengenal Jamsostek itulah yang kami maksud.

Jamsostek ini berguna bagi keluarga karyawan ketika mereka sedang mengalami sakit dan mengharuskan ke rumah sakit untuk perawatan. Tentunya dengan beberapa tahapan agar dana tersebut cair dan dipergunakan biaya rumah sakit

Baca Juga :   Prudential Digeruduk? Pahami Kerugian Asuransi Unit Link

Jaminan hari tua untuk para pekerja dan keluarganya berperan penting dimana biaya pengobatan saat ini terlampau mahal. Khususnya bagi masyarakat menengah ke bawah. Melihat biaya rumah sakit mahal dan belum tentu mampu.

Sebagai pekerja yang sah dan dilindungi Negara sebaiknya perusahaan juga turut serta mendukung program ini. Perlindungan social merupakan asset ekonomi dimana fungsinya sebagai fungsi dasar perlindungan manusia.

System yang dianut adalah system gotong – royong, jika ada salah satu pekerja sakit maka dana yang digunakan adalah dana bersama. Hal tersebut berlangsung hingga sekarang, lalu bagaimana yang tidak pernah sakit?

Pastinya tidak dapat merasakan manfaatnya, tidak perlu khawatir bagi pekerja yang tidak pernah sakit maka dapat menggunakan asuransi ketenagakerjaan jaminan hari tua. Jadi manfaatnya dapat diambil sekarang atau nanti.

Namun kelemahannya adalah jika para pekerja tersebut sudah kena PHK atau sudah tidak bekerja lagi. Maka fasilitas tersebut akan dicabut. Dan bisa dimanfaatkan lagi setelah statusnya berubah menjadi karyawan lagi.

Cara Mencairkan Asuransi Ketenagakerjaan

Di Indonesia, asuransi yang murni dari pemerintah bernama BPJS ketenagakerjaan. Bagaimana untuk mencairkan dana tersebut ketika sedang dibutuhkan? Lalu untuk asuransi swasta apakah sistemnya sama dengan BPJS?

Pastinya kamu semua penasaran dengan tata cara pencairan uang asuransi. Dalam peraturan terbaru Ida Fauziah selaku menteri tenaga kerja telah meluncurkan aturan. Bahwa aturan dana JHT dapat digunakan untuk hari tua.

Usia yang diperbolehkan untuk menerima dana asuransi ketenagakerjaan jaminan hari tua adalah saat usia 56 tahun. Syarat – syarat yang harus dipenuhi adalah kartu BPJS, E- KTP, buku rekening, NPWP, surat berhenti bekerja.

Persyaratan tersebut untuk pencairan uang secara offline. Namun kamu bisa mengambil uang melalui system online. Yaitu dalam website BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri. Dimana syarat yang harus diupload berupa soft file.

Baca Juga :   Kesalahan Memilih Perusahaan Asuransi yang Berakibat Fatal

Selain itu kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi yang sudah bekerja sama dengan BPJS. Tentunya hal tersebut lebih mudah dan praktis daripada harus datang untuk pencairan asuransi ketenagakerjaan jaminan hari tua.