Hal yang Perlu Anda Ketahui Agar PC Tidak Terkena Virus

Lingkartekno.com – Untuk menghindari menjadi korban virus komputer dan mencegah virus menyebar ke orang lain, Anda perlu mengambil beberapa langkah sederhana. ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar PC atau laptop kamu tidak terkena serangan virus.

Hal yang Perlu Anda Ketahui Agar PC Tidak Terkena Virus

Jangan membuka email dengan lampiran yang tidak terduga.

Perangkat lunak virus terbaru sering diterbitkan melalui email. Jika antivirus Anda tidak memperingatkan Anda tentang lampiran dan sepertinya email itu dari seorang kenalan, jangan buka jika Anda tidak mengharapkannya. Jika Anda mengharapkannya, buka saja nanti. Pindai dengan perangkat lunak antivirus terbaru.

Pemeriksaan lampiran untuk semua email masuk (terlepas dari siapa yang mengirimnya).

Lakukan Hal ini jika Anda mengenal dan memercayai ataupun mengenal pengirimnya. Kode berbahaya, seperti Trojan horse, dapat menembus sistem Anda dengan terlihat berasal dari sumber yang ramah.

Matikan pratinjau otomatis program email Anda.

Pratinjau otomatis email memiliki efek yang sama persis seperti membuka dan membaca email. Worm, trojan, dan virus Internet terbaru perlu membaca email untuk mengaktifkannya. Anda dapat mematikan fitur pratinjau untuk memeriksa email Anda sebelum benar-benar dibaca.

Floppy disk adalah salah satu cara paling umum untuk menginfeksi virus. Jika Anda menggunakan floppy disk saat bekerja di komputer, lepaskan saat perangkat dimatikan. Jika tidak, komputer Anda akan mencoba untuk boot secara otomatis dari floppy disk, yang dapat menyebabkan virus pada disk.

Baca Juga :   Abadikan momen spesial dengan kamera digital

Atur Web Browser Anda dengan keamanan tertinggi.

Melihat pesan peringatan di setiap halaman web lain yang Anda kunjungi bisa jadi rumit, tetapi ini adalah cara terbaik untuk melindungi diri Anda sendiri, terutama jika Anda menggunakan Microsoft Internet Explorer dan Outlook.

Jangan mengunduh perangkat lunak dari web.

Sumber yang tidak dapat diandalkan seperti newsgroup Internet dan situs web yang belum pernah Anda dengar mungkin bersedia memasukkan virus ke komputer Anda. Jangan perna mengunduh file yang tidak Anda ketahui keamanan nya dan pastikan lagi. Ini termasuk program free atau gratisan, gambar bergerak, game, dan program yang dapat dijalankan lainnya (file dengan ekstensi “.exe” atau “.com”, seperti “coolgame.exe”). Periksa apakah situs Anda menjalankan antivirus. Jika Anda perlu mengunduh dari Internet, pastikan untuk memeriksa setiap program sebelum menjalankannya. Simpan semua unduhan dalam satu folder dan jalankan pemindaian virus pada semua yang ada di folder sebelum menggunakannya. Program yang diunduh selalu diperiksa, terlepas dari sumber unduhannya.

Perawatan rutin

Dengan perawatan anda dapa meminimalisir untuk kedapatan virus di Komputer anda

Buat cadangan data penting Anda secara teratur

Jangan sampai lupa untuk mencadangkan semua atau Memilah  file di folder tertentu, yang terpenting Anda setidaknya sebulan sekali. Simpan disk cadangan di tempat yang aman.

Bersihkan Virus/Worms/Trojan dari Komputer Anda

Gunakan perangkat lunak antivirus Anda untuk melakukan pemindaian sistem penuh pada komputer Anda. Saya berharap virus akan terdeteksi dan dihapus. Jika ada kedapatan virus terdeteksi, restart terlebih dahulu komputer Anda dan jalankan aktifkan antivirus yang sudah tersedia. Karena sifat virus yang berkembang, virus dapat terus bereplikasi. NortonLifeLock  adalah alat penghapus dan pemindai virus dengan cepat terutama jika virus atau worm telah masuk ke komputer Anda.

Baca Juga :   Cara Mengoperasikan Galaxy S22 Ultra 5G dengan Mudah

Apa itu alat penghapus? Sederhananya, ini adalah program sederhana yang memindai komputer Anda untuk mendeteksi infeksi dan menghapusnya dari perangkat Anda. Ini sering diperlukan jika perangkat Anda terinfeksi sebelum menginstal perangkat lunak antivirus.

Pertimbangan Utama untuk Perlindungan PC

Dan dua hal terakhir yang harus dilakukan untuk menjaga komputer Anda tetap bersih dan mencegah virus menyebar ke komputer lain…

Pasang firewall

Jika Anda ingin menggunakan internet menggunakan dengan metode seperti broadband atau kecepatan tinggi, Anda perlu menggunakan firewall. Saya merekomendasikan satu program firewall terbaik  yaitu ZoneAlarm yang melakukan pemindaian saat anda menggunakan Windows.

Instal dan gunakan antivirus berkualitas tinggi.

Ini adalah kunci untuk melindungi komputer Anda. Beli salah satu perangkat lunak antivirus terkemuka, Norton Anti-Virus, PC-Cillin atau McAfee Anti-Virus. Keuntungan saat anda memakai paket komersial adalah simple dan kemudahan untuk menggunakan, program ini  dapat memperbarui file yang terkena virus , mereka gunakan untuk mendeteksi virus.

Penjelasan Lengkap

Konfigurasikan antivirus Anda untuk memulai secara otomatis saat startup dan selalu jalankan. Hal Ini  cukup penting karena memberikan perlindungan cadangan agar ketika kita lupa untuk menyalakan antiirus tsb. Juga, jika Anda lupa memuat antivirus Anda, Anda dapat mengonfigurasinya untuk berjalan sendiri dan tetap akan segera dilindungi. Semua program antivirus tingkat tinggi melakukan ini (tetapi hanya jika Anda telah menginstalnya di komputer Anda). Apakah antivirus Anda saat ini diinstal? Jika tidak, Anda dapat mengunjungi halaman ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengapa Anda membutuhkan antivirus dan betapa mudahnya menggunakannya.