Cara melindungi komputer, Software, dan data Anda

Peran komputer pribadi telah mengambil arti yang sama sekali baru sejak munculnya Internet. Ada banyak peselancar yang menggunakan Internet, mulai dari belanja, perbankan, hingga investasi, dan saat ini Internet adalah pusat aktivitas yang hidup dan vital. Tetapi ada beberapa berita buruk – internet juga dibanjiri dengan beberapa elemen dari sisi gelap – dan mereka disebut peretas dan penipu.

 

Peretas mencoba membobol komputer Anda untuk mencuri atau menghancurkan data penting Anda, sementara penipu mencoba menggunakan metode curang untuk mendapatkan informasi identitas pribadi Anda. Anda tidak punya pilihan selain melindungi komputer Anda dari faktor-faktor ini. Berikut adalah beberapa langkah sederhana dan hemat biaya yang perlu Anda ambil untuk membuat PC Anda seaman Fort Knox.

 

Cara melindungi komputer, Software, dan data Anda

 

  1. Buat cadangan data penting Anda secara teratur (sebaiknya setiap hari)

    Beli hard disk lain untuk cadangan, tetapi jangan sambungkan ke komputer Anda secara permanen. Idenya adalah untuk menjauhkan cadangan Anda dari komputer Anda jika mereka diretas.

 

  1. Selalu perbarui sistem operasi Anda

    Semua pengembang sistem operasi (Windows, Apple OS, Linux) merilis tambalan dan pembaruan secara teratur ketika kerentanan ditemukan dalam perangkat lunak. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengaktifkan fitur Auto Update. Kiat Microsoft: Pengguna Windows dapat mengunjungi windowsupdate.microsoft untuk mengunduh pembaruan terbaru.

 

  1. Browser web

    (Internet Explorer, Opera, Mozilla Firefox, dll.) juga perlu diperbarui untuk alasan yang sama yang disebutkan di atas. Cukup kunjungi beranda pengembang browser Anda dan unduh versi atau pembaruan terbaru. Jika Anda menggunakan Microsoft Office Suite, rangkaian perangkat lunak ini adalah favorit para peretas dan Anda perlu hanya perlu untuk mengunjungi officeupdate.microsoft untuk memperbaruinya.

 

  1. Selanjutnya, instal firewall di komputer Anda.

    Firewall memblokir komputer Anda dari Internet dan mencegah peretas, penipu, pengembang virus/Trojan, malware, dan adware untuk menyerang. Anda dapat mengunduh versi pribadi gratis dengan mengunjungi sebuah website zonealarm Namun, jika kebutuhan keamanan data Anda sangat penting, Anda harus mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam firewall anti-peretasan 100%.

 

  1. Peretas terutama menggunakan ActiveX dan JavaScript untuk meluncurkan malware di komputer mereka.

    Cookie juga ditanam di komputer Anda secara teratur untuk melacak pengaturan penjelajahan Anda, tetapi cookie relatif tidak berbahaya. Untuk menghindari malware, Anda perlu menyesuaikan pengaturan keamanan browser web Anda. Setel setelan keamanan zona Internet ke Tinggi dan setelan Keamanan zona situs tepercaya ke Sedang-rendah.

 

  1. Sekarang Anda membutuhkan perlindungan antivirus

    Anda perlu menginstal perangkat lunak antivirus. AVG Antivirus adalah perangkat lunak gratis yang diperbarui secara berkala dan Anda dapat mengunduh versi pribadi dengan mengunjungi situs web pengembang Seperti grisoft

 

  1. Jangan membuka lampiran email dari sumber yang tidak dikenal

    Tidak diragukan lagi, itu berisi virus dan trojan. Juga, jangan menjalankan perangkat lunak anonim di situs web yang tidak memiliki sertifikat keamanan. Program semacam itu menempatkan trojan pada sistem.

 

  1. Windows diatur ke “Sembunyikan ekstensi file untuk jenis file yang dikenal”

    Menonaktifkan opsi ini memudahkan untuk melihat file dengan ekstensi yang tidak biasa. Kemungkinan ini adalah virus/trojan/keylogger.

 

  1. Putuskan sambungan komputer dari jaringan lokal saat bekerja offline

    Dengan cara ini, peretas tidak akan dapat menyerang komputer Anda.

 

  1. Buat disk boot jika program jahat merusak sistem Anda.

 

  1. Terakhir, Anda perlu menginstal perangkat lunak anti-spyware

    Ad-Aware SE Personal adalah alat pemenang penghargaan yang membantu Anda mendeteksi dan menghilangkan spyware secara efektif.

 

Ini adalah langkah-langkah dasar yang harus Anda ambil untuk melindungi komputer Anda. Ingatlah untuk selalu memperbarui perangkat lunak antivirus, spyware, dan firewall Anda. Jadi, gunakan panduan untuk mengubah PC Anda menjadi Fort Knox virtual. Semoga berhasil dan Tuhan memberkati Anda!

Baca Juga :   Perbedaan Google Drive dan Dropbox yang Terlihat Sama