Mengetahui Perbedaan Saham dan Crypto Dalam Investasi

Penting bagi kamu untuk mengetahui perbedaan saham dan crypto sehingga bisa menetapkan memilih yang mana. Saham dan crypto merupakan jenis investasi yang saat ini banyak dilirik orang.

Seperti kita ketahui banyak orang yang ingin mendapatkan keuntungan sehingga mereka mencari sumber pendapatan tambahan. Tidak heran jika mereka memiliki banyak modal maka memilih untuk berinvestasi.

Adanya investasi maka mereka bisa mendapatkan keuntungan tambahan tanpa harus bekerja keras. Jadi sambil bekerja kamu bisa mendapatkan pemasukan lainnya. Saat ini sudah banyak bermunculan instrument untuk investasi.

Salah satu yang paling banyak dilirik adalah saham dan crypto. Untuk saham sendiri merupakan jenis investasi yang sudah lama digunakan dan masih bertahan sampai sekarang. Untuk crypto sendiri merupakan investasi yang populer saat ini bahkan banyak anak muda yang menggunakannya.

Tentunya baik saham dan crypto memiliki berbagai macam keunggulan sehingga kamu harus mengetahui perbedaan saham dan crypto. Dengan cara seperti ini maka bisa mempertimbangkan sampai matang.

Jadi nantinya kamu bisa menemukan jenis investasi yang sesuai sehingga bisa mendapatkan keuntungan. Apalagi tujuan utama seseorang melakukan kegiatan ini agar bisa mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin dengan cara mudah.

Berikut beberapa perbedaan yang dimiliki kedua jenis investasi ini sehingga tidak bisa disamakan. Karena sampai sekarang masih banyak orang yang sulit membedakan antara saham dan crypto karena sistemnya terlihat sama.

Perbedaan Saham dan Crypto Pada Waktu Perdagangan

Salah satu perbedaan mendasar antara kedua jenis sistem investasi ini adalah pada waktu perdagangannya. Untuk saham sendiri memiliki batas waktu perdagangan sehingga tidak bebas dilakukan.

Baca Juga :   Tips Investasi NFT agar Meraih Banyak Untung

Jadi jika kamu ingin melakukan aktivitas jual-beli maka harus mengetahui kapan waktunya. Untuk saham sendiri bisa diperjualbelikan di hari kerja yaitu Senin sampai Jumat. Untuk waktunya terbagi dalam dua sesi yaitu mulai pukul 09:00 WIB sampai 11:30 WIB.

Kemudian dilanjutkan pada pukul 13:30 WIB sampai 14:50 WIB. Tentunya perbedaan saham dan crypto yang sangat mendasar ini harus kamu ketahui agar tahu kapan waktu untuk bertransaksi.

Sebab untuk crypto sendiri tidak ada batasan waktu karena buka 24 jam dan tidak ada hari libur. Dengan perbedaan mendasar seperti ini memberikan pengaruh terhadap strategi yang harus kamu gunakan.

Dengan mengetahui jam beroperasi ini maka bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Apabila kamu tidak mau terikat maka bisa memilih crypto karena lebih fleksibel jam transaksinya.

Platform untuk Kegiatan Perdagangan yang Digunakan

Perbedaan saham dan crypto lainnya bisa terlihat dari jenis wadah yang digunakan. Untuk saham sendiri platformnya adalah di sekuritas sehingga Jika kamu ingin bermain saham harus menjadi nasabah di sebuah sekuritas.

Apalagi sekarang ini sudah banyak tersedia berbagai macam sekuritas sehingga bisa kamu pilih sesuai selera dan berbagai macam bahan pertimbangan. Jadi penting untuk mencari informasi mengenai sekuritas agar mendapatkan yang berkualitas.

Namun jika kamu ingin melakukan investasi menggunakan crypto maka tidak memerlukan sekuritas. Karena nantinya kamu bisa melakukan transaksi melalui exchange crypto. Beberapa contohnya seperti binance, pintu, indodax dan masih banyak lainnya.

Pastinya setiap exchange crypto memiliki berbagai macam kelebihan serta kekurangan. Penting bagi kamu untuk mengetahui perbedaan saham dan crypto ini, sebab jika tidak tahu platform trading maka kesulitan untuk memulai dari mana.

Baca Juga :   Raja Kripto Dunia yang Memiliki Harta Triliunan

Apabila kamu memilih crypto untuk investasi maka untuk penyimpanannya bisa dilakukan di aplikasi wallet crypto. Jadi untuk ini jauh lebih modern dan lebih mudah sehingga tidak heran jika cocok untuk anak muda.

Jumlah Fee Transaksi yang Berbeda

Salah satu hal yang menjadi daya tarik di dalam kedua investasi ini adalah terdapat fee transaksi. Karena hal tersebut merupakan salah satu pemasukan tambahan yang cukup menguntungkan para trader.

Baik itu maupun saham memiliki fee yang berbeda jumlahnya. Untuk saham sendiri kamu bisa mendapatkan fee sebesar 0,3% per transaksi nya. Jadi semakin banyak aktivitas jual-beli maka semakin banyak fee kamu.

Sedangkan untuk crypto sendiri fee yang ditawarkan cukup beragam karena disesuaikan dengan exchange yang kamu gunakan. Hal ini dikarenakan setiap exchange memiliki peraturan yang berbeda.

Pada umumnya pihak exchange akan memberikan biaya tambahan dalam transaksi untuk pencarian uang tetapi tarifnya berbeda. Oleh sebab itu inilah beberapa perbedaan saham dan crypto yang harus kamu ketahui agar tidak kebingungan.