5 Jenis Investasi Terbaik, Pemula Wajib Tahu

Ada 5 jenis investasi terbaik yang wajib diketahui, terutama bagi para investor pemula. Sebab, apabila Anda salah dalam memilih, bukan keuntungan yang didapat, justru malah bisa kerugian.

Seperti diketahui, banyak orang telah berinvestasi. Berinvestasi memang sebaiknya dilakukan sejak dini. Semakin cepat memulai, keuntungan yang diperoleh juga semakin besar, sebab adanya efek compunding.

Tidak hanya untuk persiapan masa depan, dengan berinvestasi juga bisa melindungi aset Anda dari ancaman inflasi. Pilihlah investasi yang terbaik, agar bisa mendapatkan keuntungan besar.

5 Jenis Investasi Terbaik

Dalam berinvestasi, ada beberapa pilihan investasi yang bisa dipilih. Jadi, jangan salah dalam memilih, pilihlah yang bisa memberikan Anda keuntungan besar dengan minim resiko kerugian.

  1. Saham

Saham merupakan salah satu investasi yang paling terkenal di Indonesia. Apabila Anda membeli sejumlah saham perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Maka, Anda sudah tercatat sebagai pemegang saham perusahaan itu.

Nantinya, Anda akan mendapatkan hak atas deviden sebesar saham yang Anda miliki di sana. Tidak hanya mendapatkan hak deviden, Anda juga akan mendapatkan keuntungan selisi harga penjualan saham.

Investasi satu ini menawarkan hasil lebih tinggi dibanding lainnya. Namun meskipun begitu, investasi saham juga beresiko. Sebab, harganya fluktuatif serta bergantung pada keadaan politik, ekonomi maupun keadaan tertentu.

  1. Obligasi

Selain saham, jenis investasi terbaik selanjutnya adalah obligasi. Obligasi sendiri ialah surat utang baik jangka panjang ataupun jangka menengah yang bisa dengan mudah dipindah tangankan.

Berisi janji pihak penerbit, yang akan membayar imbalan bunga pada periode tertentu serta melunasi utang pokok kepada pihak pemegang surat utang. Imbalan bunganya ialah berupa kupon.

Baca Juga :   Manfaat Melakukan Investasi, Anda Wajib Tahu!

Di Indonesia, obligasi mempunyai jangka waktu 1 hingga 10 tahun. Ada 3 jenis obligasi, yaitu obligasi pemerintah, diterbitkan oleh pemerintah dalam bentuk surat utang Negara.

Sementara satunya ialah obligasi korporasi, diterbitkan oleh korporasi, baik BUMN maupun swasta. Apabila memilih obligasi, Anda bisa berinvestasi dengan lebih aman, sebab kemungkinan terjadi gagal bayar cukup minim.

  1. Emas dan logam mulia

Jenis investasi terbaik satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi jangka panjang. Sebab logam mulia dan juga emas harganya terus menerus mengalami peningkatan.

Kenaikan harga disebabkan respon terhadap kejadian tertentu yang mengakibatkan nilai paper investment seperti obligasi dan saham menurun. Jadi, berinvestasi emas dan logam mulia tergolong aman, karena harga yang stabil.

  1. Reksa dana

Jenis investasi terbaik berikutnya ialah reksa dana. Anda sebagai investor, cukup menyediakan modal, nantinya modal itu akan dikelolah manager investasi untuk kemudian diinvestasikan ke dalam portofolio efek.

Portofolio efek terdiri dari obligasi, beberapa produk pasar uang dan saham. Saat ini, untuk berinvestasi lewat reksa dana sudah tidak perlu membayar jutaan rupiah, cukup uang minimal Rp. 100.000 saja.

Reksa dana dinilai lebih aman daripada saham. Ada 3 jenis reksa dana, yaitu obligasi, pasar uang dan saham. Apabila menginginkan keuntungan paling tinggi, Anda bisa memilih reksa dana saham.

  1. Deposito berjangka

Jenis investasi terbaik terakhir ada Deposito berjangka. Mempunyai bunga lebih tinggi bila dibandingkan tabungan biasa. Selain itu, deposito berjangka juga mempunyai tanggal jatuh tempo jelas, yaitu 3 hingga 12 bulan.

Itu berarti, apabila Anda mencairkan dana sebelum jatuh tempo, maka Anda akan dikenakan penalti oleh Bank. Semakin besar uang yang ditabung, semakin besar juga keuntungan didapatkan.

Baca Juga :   Ini Dia Tips Berinvestasi Emas Antam

Jenis ini juga tergolong aman, sebab memiliki resiko yang sangat minim. Untuk melakukannya juga cukup mudah, tidak terlalu rumit. Maka tidak heran, apabila banyak investor pemula lebih memilih jenis ini.

Sebelum mulai untuk berinvestasi, ada baiknya Anda perlu memahami dulu dengan jelas segala hal tentang investasi. Salah satunya tentang jenis investasi terbaik yang bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda.