Keuntungan Investasi Emas, Wajib Ketahui!

Ada beberapa keuntungan investasi emas yang wajib untuk diketahui, terutama bagi investor pemula. Bagi Anda para pemula yang bingung ingin berinvestasi apa, logam mulia satu ini bisa dijadikan pilihan tepat.

Tidak hanya bisa dijadikan sebagai perhiasan, namun juga bisa dijadikan pilihan untuk berinvestasi. Selain saham, berinvestasi dengan logam mulia yang satu ini juga sangat menjanjikan keuntungan besar.

Salah satunya, karena nilainya cenderung stabil dan bebas dari bunga. Maka dari itu, tidak heran apabila investasi satu ini banyak digandrungi oleh sebagian besar orang.

Beberapa Keuntungan Investasi Emas

Seperti telah dibahas sebelumnya, logam mulia satu ini menjadi jenis yang paling banyak dipilih oleh masyarakat untuk berinvestasi. Sebab, banyak keuntungan yang didapatkan apabila Anda berinvestasi dengan emas.

  1. Mudah dicairkan

Jenis logam mulia ini mudah untuk dikonversikan atau dicairkan ke dalam bentuk uang. Sifatnya yang menyerupai tabungan konvensional, membuat aset ini mudah untuk dicairkan.

Baik itu dalam bentuk digital maupun fisik. Keberadaannya hingga kini masih diakui keabsahannya di seluruh dunia. Hal itulah yang membantu proses pencairan menjadi lebih mudah.

  1. Nilanya cenderung stabil

Keuntungan investasi emas berikutnya adalah nilainya cenderung stabil dari waktu ke waktu. Salah satu alasan mengapa harganya cenderung stabil, ialah karena adanya penawaran dan permintaan pada pasar yang jelas.

Tidak hanya memiliki peran sebagai instrumen investasi, tetapi juga sebagai pelengkap gaya hidup seseorang. Maka, saat transaksi terus berjalan kuat, resiko harga turun cukup minim.

Keterbatasan pasokan juga menyebabkan harganya terus mengalami kenaikan secara signifikan dan memiliki permintaan sangat tinggi. Jadi tidak heran, apabila jenis investasi ini sangat diminati oleh kebanyakan masyarakat.

  1. Likuiditas tinggi

Permintaan yang tinggi, membuatnya sangat mudah untuk dijual. Kondisi itulah yang membuatnya jadi sangat likuid. Keberadaannya sangat dihargai di mana saja, sehingga saat mengalami krisis, mudah untuk dicairkan.

  1. Emas sebagai diversifikasi

Keuntungan investasi emas selanjutnya adalah, emas merupakan jenis investasi paling baik untuk diversifikasi. Alasanya, karena memiliki resiko sangat rendah, namun nilanya mengalami kenaikan secara terus-menerus dari waktu ke waktu.

Baca Juga :   Ini Dia Tips Berinvestasi Emas Antam

Selain itu, biasanya pergerakannya berlawanan dengan pasar saham. Ketika pasar saham turun, pemilik emas tidak rugi sebab, harga logam mulia yang satu ini akan terus meningkat.

Tidak hanya itu, manfaat diversifikasi sendiri ialah menjaga aset dari keadaan perekonomian yang tidak terduga. Jadi investasi logam mulia ini, menawarkan diversifikasi serta perlindungan untuk portofolio Anda.

  1. Bebas bunga

Keuntungan investasi emas berikutnya adalah bebas bunga. Apabila Anda berinvestasi menggunakan investasi lain selain ini. Anda akan menyadari suatu hal ketika akan melakukan likuidasi aset.

Nilai yang diterima memiliki selisih signifikan dari nilai aset, disebabkan karena adanya bunga. Namun hal tersebut tidak berlaku pada investasi logam mulia ini. Anda akan dapat terbebas dari bunga.

  1. Mudah diperjualbelikan

Jenis logam mulai satu ini mudah untuk diperjualbelikan. Hal itu disebabkan karena kemampuannya untuk mempertahankan nilai dalam jangka panjang. Emas mampu bertahan dari ketidakpastian ekonomi yang turun naik.

  1. Perlindungan dari inflasi

Keuntungan investasi emas terakhir adalah mampu melindungi Anda dari inflasi. Bisa dikatakan emas adalah satu-satunya komuditas, yang mampu menaklukkan inflasi serta mempertahkan nilai dalam jangka panjang.

Dengan nilainya yang terus meningkat seiring dengan meningkatnya biaya hidup, emas sering mencapai nilai tertinggi selama periode inflasi tinggi. Hal itu tentu saja berbeda dengan uang.

Ketika ada kenaikan inflasi, nilai uang akan menjadi rendah. Sementara, nilai emas justru naik lebih tinggi. Sehingga membuatnya semakin berharga. Jadi tidak heran apabila banyak orang menggunakannya sebagai aset investasi.

Apabila Anda bingung ingin berinvestasi apa, emas bisa dijadikan pilihan tepat. Sebab, ada beberapa keuntungan investasi emas yang tidak bisa ditemukan pada investasi jenis lain.