Cara Membuat Video TikTok Untuk Para Pemula

TikTok saat ini sudah menjadi salah satu aplikasi yang sangat terkenal. Aplikasi ini sangatlah terkenal khususnya di kalangan anak muda. Karena hal ini, semakin banyak orang yang penasaran dengan aplikasi ini dan mencari tutorial bagaimana cara membuat video TikTok.

Membuat sebuah video TikTok ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Oleh karena itulah banyak orang yang ketagihan membuat berbagai macam video di aplikasi ini. Bahkan para selebriti pun juga ketagihan membuat berbagai macam video di aplikasi ini.

Bagaimana Cara Membuat Video TikTok Bagi Pemula

Berikut ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara membuat video di aplikasi TikTok bagi pemula. Dengan demikian, Anda juga dapat mengikuti trend saat ini dengan mengupload video di akun TikTok.

Namun, sebelum membuat video, pastikan Anda sudah menginstall aplikasi TikTok di smartphone dan sudah memiliki akun. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk membuat video TikTok bagi pemula adalah:

  1. Menentukan Jenis Video Apa yang Ingin Dibuat

Menentukan Jenis Video Apa yang Ingin Dibuat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis video apa yang akan dibuat. Agar lebih banyak orang yang melihat video yang dibuat, Anda bisa memilih jenis video yang sedang trend di TikTok.

Dengan membuat video yang sedang trend di TikTok, kesempatan video Anda dilihat banyak orang pun akan semakin besar. Selain itu, menentukan ide video dapat membuat proses pembuatan video menjadi lebih terarah. Oleh karena itu, menentukan jenis video yang akan dibuat sangatlah penting.

  1. Memilih Musik yang Akan Digunakan

Memilih Musik yang Akan Digunakan

Salah satu hal yang menarik dari video TikTok adalah musik yang digunakan. Pilihlah musik yang sesuai dengan ide video yang akan dibuat. Jika Anda baru pertama kali membuat video TikTok, maka akan muncul notifikasi “permissions” untuk mengakses perangkat mikrofon.

Baca Juga :   Tutorial Presentasi Power Point Menggunakan Zoom Meeting

Ada banyak sekali pilihan musik yang bisa dipilih melalui perpustakaan bawaan dari aplikasi TikTok. Untuk memastikan musik yang dipilih, Anda dapat melihat cuplikannya terlebih dahulu.

  1. Membuat Video TikTok

Membuat Video TikTok

Cara membuat video TikTok ini sangatlah menentukan kualitas dari hasil video TikTok yang dibuat. Anda harus benar-benar memikirkan konsep dan bagaimana proses pembuatan video TikTok tersebut. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah posisi kamera dan pencahayaan pada video.

Hal inilah yang akan mempengaruhi kualitas video yang dibuat. Untuk membuat video TikTok, Anda dapat mengarahkan kamera pada objek yang direkam, kemudian tekan lingkaran merah yang ada pada bagian tengah bawah layar smartphone.

  1. Mengedit Video TikTok

Mengedit Video TikTok

Agar memiliki hasil yang berkualitas, Anda dapat mengedit video yang telah direkam sebelumnya. Anda dapat memberikan efek, tulisan ataupun stiker tambahan pada video yang telah dibuat. Anda juga bisa mengedit video dengan menggunakan fitur lainnya agar terlihat lebih menarik.

Fitur yang bisa Anda coba adalah timer, speed control ataupun efek lainnya. Namun editlah video seperlunya saja, jangan sampai berlebihan. Jika diedit secara berlebihan, maka kualitas video akan menurun dan tidak akan terlihat menarik.

  1. Tahap Finishing

Tahap Finishing

Tahap terakhir adalah finishing. Anda dapat menambahkan caption yang menarik pada video. Kemudian, agar video dapat dijangkau oleh orang banyak, maka Anda dapat menambahkan hashtag yang relevan. Pilihlah hashtag yang sering digunakan oleh banyak orang.

TikTok memang sangat booming saat ini. Hal inilah yang membuat banyak orang berlomba-lomba untuk membuat video yang menarik. Anda juga dapat mengikuti trend tersebut dengan mengikuti cara membuat video TikTok yang telah dijelaskan tersebut untuk menghasilkan video yang menarik.

Baca Juga :   Cara Mengoperasikan Galaxy S22 Ultra 5G dengan Mudah