Bagaimana cara mengenali email yang terinfeksi virus?

Lingkartekno.com – Mengenali email yang terinfeksi seringkali sulit. Dalam cara kerja virus modern dan worm Internet surat massal, pesan dapat muncul dari teman dan kolega. Faktanya, sebagian besar pesan yang terinfeksi secara otomatis dikirim oleh perangkat lain yang terinfeksi yang bahkan tidak mengetahui bahwa ada masalah dengan perangkat Anda. Virus dan worm yang menyamar sebagai pemilik komputer yang terinfeksi dapat menjadi rumit jika Anda menerima email yang tidak terduga.

 

Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan:

 

1) Email dari orang asing (terutama termasuk spam). Ini biasanya pelakunya yang menginfeksi komputer dengan virus.

 

2) Email tak terduga dari teman dan keluarga (terutama jika berisi lampiran). Pesan-pesan ini mungkin bukan berasal dari seseorang yang Anda kenal, tetapi mungkin sebenarnya adalah spam.

 

3) Lampiran email dengan topik yang tampaknya tidak pantas atau aneh, bahkan dari seseorang yang Anda kenal. Misalnya, email berjudul “Pembaruan Laporan Sistem” dari seorang pensiunan ayah di pantai di Meksiko mencurigakan.

 

4) Jangan memutar lampiran yang berakhiran . exe, .pif, .com, .bat, atau .scr untuk dipindai oleh pemindai virus terbaru. Bahkan file yang berakhiran .doc. dan xl. (Dokumen Word dan Excel) dapat membawa virus makro dan harus dipindai. Tidak masalah jika Anda sepenuhnya memercayai orang asalnya. Pindai itu.

 

5) Jangan membuka email spam. Sangat mudah untuk menyalin email spam dan menggunakannya untuk mengirim virus berbahaya. Saya tidak mengatakan bahwa spammer mengirim virus, tetapi spammer/penulis virus menggunakan pesan seperti spam untuk mengirim virus, trojan, dan worm melalui Internet.

 

6) Jika Anda tidak 100% yakin bahwa email tersebut sah, harap hubungi pengirim dan tanyakan sebelum membuka lampiran. Jika Anda yakin telah menerima email yang mengandung virus, sebaiknya hapus email tersebut tanpa membuka email atau lampirannya. Jika itu penting, dia selalu bisa marah.

Baca Juga :   Terlalu Lama Saat Mendownload ? Ketahui lah Accelerator menyediakan unduhan yang lebih cepat

 

7) Email telah menjadi cara penyebaran virus, worm, dan Trojan nomor satu. Berikan perhatian khusus pada email. Anda tidak hanya dapat melindungi diri sendiri, tetapi Anda juga dapat mencegah virus agar tidak secara tidak sengaja menjadi distributor email yang diunduh.

 

Cara paling cerdas adalah menginstal antivirus yang terjangkau (Norton, McAfee, PC-cillin, dll.) dan mengaturnya untuk secara otomatis memindai semua email dan lampiran yang masuk dan keluar. Dengan cara ini, Anda melindungi komputer Anda dan mencegah pengiriman pesan yang terinfeksi ke teman dan keluarga.

 

Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah bahwa virus tidak dapat menyerang komputer Anda sendiri. Anda perlu membuka file yang mungkin berisi virus berbahaya dan meletakkannya di sana. Ini dapat menghapus hard drive Anda dan dapat membahayakan Anda jika Anda memiliki file penting yang disimpan di sana dan Anda tidak memiliki disk cadangan.

 

Jika komputer Anda terinfeksi virus, jangan panik. Jika virus aktif di memori, antivirus Anda mungkin tidak dapat mendeteksinya. Jika Anda benar-benar ingin memastikan komputer Anda bebas virus, matikan dan mulai ulang komputer Anda menggunakan disk yang diketahui bebas virus, seperti disk pemulihan antivirus.

apakah artikel ini membantu kamu?

Apakah dampaknya bila suatu pc terserang virus?

Tidak hanya bisa perbanyak diri, virus pada pc pula bisa mengganggu memori hardisk serta RAM yang menimbulkan kapasitas jadi mengecil. Terus jadi banyak macam- berbagai virus yang ada di pc kalian, nyatanya nanti hendak membuat kinerja komputer dapat jadi lemot, hang ataupun freeze.