Mengetahui Cara Menggunakan Adobe Premiere Untuk Pemula

Adobe Premiere memang sudah terkenal sebagai salah satu aplikasi edit video yang berkualitas. Sebagian besar content creator menggunakan aplikasi ini untuk mengedit video. Untuk mendapatkan hasil video bagus, Anda perlu mengetahui cara menggunakan Adobe Premiere untuk pemula.

Memang awalnya aplikasi ini terlihat sulit untuk digunakan. Padahal jika sudah mengetahui bagaimana cara menggunakannya, Adobe Premiere ini sangatlah berguna dan bermanfaat. Jika baru mencoba aplikasi edit video ini, Anda dapat mencari tutorial cara menggunakannya yang banyak di internet.

Cara Menggunakan Adobe Premiere Untuk Pemula

Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan video yang menarik dengan menggunakan Adobe Premiere. Adapun cara mudah yang dapat dilakukan antara lain adalah:

  1. Memulai Menggunakan Adobe Premiere

Memulai Menggunakan Adobe Premiere

Jika merupakan pemula dalam menggunakan aplikasi edit video ini, maka Anda dapat melakukan beberapa pengaturan pada aplikasi ini. Anda dapat mengatur dimana letak file projek akan disimpan dan beberapa pengaturan dasar lainnya.

Anda jug disarankan untuk membuat “Sequence” yaitu episode pada video. Dengan adanya “Sequence”, Anda dapat menyimpan video dengan beberapa episode di dalam satu file projek saja. Hal ini akan membuat proses pengeditan menjadi lebih praktis.

  1. Cara Mengimport Video ke Dalam Aplikasi Adobe Premiere

Cara Mengimport Video ke Dalam Aplikasi Adobe Premiere

Setelah melakukan pengaturan dasar pada aplikasi, selanjutnya adalah mengimpor video yang akan diedit. Adapun cara yang dilakukan untuk mengimport video adalah dengan mengklik menu “File” setelah itu, pilihlah pilihan “Import” lalu pilih video yang akan diimport.

Baca Juga :   Cara Edit di Aplikasi Kinemaster Untuk Pemula Dengan Mudah

Setelah berhasil diimport, video akan masuk ke dalam kolom “Project”. Jika ingin mengedit video tersebut, Anda harus memindahkan video tersebut ke dalam timeline. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan drag video ke dalam timeline. Setelah itu, video pun sudah bisa diedit sesuka hati.

  1. Cara Memotong Video di Dalam Timeline

Cara Memotong Video di Dalam Timeline

Terkadang, video yang kita rekam memiliki durasi yang terlalu panjang atau bahkan terdapat beberapa bagian yang tidak ingin dimasukkan. Oleh karena itu, diperlukan pemotongan bagian video yang tidak diinginkan tersebut. Pada Adobe Premiere, Anda dapat menggunakan “trim tool”.

Anda juga bisa meletakkan kursor di bagian ujung video, kemudian drag video tersebut sampai bagian yang ingin digunakan saja. Tenang saja, jika salah memotong video, Anda dapat mengembalikan video yang telah dipotong ke keadaan semula hanya dengan men-drag video tersebut.

  1. Menambahkan Musik ke Dalam Video

Menambahkan Musik ke Dalam Video

Dengan menggunakan Adobe Premiere, Anda juga dapat menambahkan suara pada video. Cara menggunakan Adobe Premiere untuk pemula ini tidak sesulit yang dibayangkan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan video dengan suara yang dimilikinya.

Ketika sudah terpisah, Anda bisa menghapus suara asli dari video dan menambahkan musik pada video yang sedang diedit. Anda harus mengimport suara musik yang akan digunakan dengan cara klik kanan lalu pilih “import”. Setelah itu, tambahkan musik tersebut ke dalam timeline.

Anda dapat menyesuaikan suara musik yang telah diimport dengan menggeser ataupun memotongnya sesuai dengan video. Sama seperti memotong video, Anda juga dapat menggunakan “trim tool” ataupun mendrag bagian mana yang akan dihilangkan. Kemudian sesuaikan video dengan musik itu.

 

Mengedit video sebenarnya merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan. Anda hanya perlu mencari aplikasi edit video yang tepat seperti Adobe Premiere. Cara menggunakan Adobe Premiere untuk pemula juga sudah sangat mudah ditemukan di internet sehingga akan terasa lebih mudah.

Baca Juga :   Aplikasi Pengganti Microsoft Word dengan Fitur Lengkap