Perbedaan Google Drive dan Dropbox yang Terlihat Sama

Walaupun terlihat sama sebenarnya Google Drive dan Dropbox memiliki berbagai macam perbedaan. Penting bagi kamu untuk mengetahui hal ini sehingga bisa mempertimbangkan untuk memilih yang mana agar sesuai dengan kebutuhan.

Pastinya kamu sudah sering mendengar nama kedua software ini. Karena merupakan penyimpanan data secara online sehingga kamu bisa menyimpan data dalam jumlah besar dan mengaksesnya kapan saja.

Jadi tanpa terhubung dengan smartphone atau PC sebagai tempat penyimpanan maka kamu bisa mengakses file tersebut. Jadi semakin mempermudah pekerjaan kamu jika suatu saat tidak membawa smartphone atau PC.

Walaupun sama-sama menjadi tempat penyimpanan data tetapi terdapat perbedaan antara kedua aplikasi ini. Penting bagi kamu untuk mengetahui perbedaannya sehingga bisa membantu pekerjaan menjadi maksimal.

Berikut beberapa informasi mengenai perbedaan Google Drive dan Dropbox. Apalagi terdapat aplikasi sejenis yang memiliki manfaat yang sama. Namun walaupun sama terdapat berbagai macam keunggulan yang berbeda.

Jadi penting untuk kamu mengetahui seluk beluk aplikasi ini sehingga bisa memilih sesuai kebutuhan. Dengan cara seperti ini kamu bisa bekerja secara maksimal. Karena kedua aplikasi ini sangat diperlukan untuk kamu yang bekerja.

Perbedaan Google Drive dan Dropbox Adalah Terletak Pada Kapasitasnya

Walaupun sama-sama menjadi tempat penyimpanan maka perbedaan antara kedua aplikasi ini adalah kapasitas penyimpanannya. Hal ini wajib kamu ketahui sehingga bisa memilih aplikasi yang mampu menyimpan banyak data.

Dengan cara seperti ini maka ketika kamu dituntut untuk menyimpan data dalam jumlah besar maka tidak perlu khawatir. Jadi di dengan memperhatikan kapasitas Google Drive dan Dropbox apa kamu bisa memilih dengan tepat.

Baca Juga :   Rekomendasi Aplikasi Edit Video Di PC, Untuk Kamu Yang Ingin Belajar

Untuk Dropbox sendiri kapasitas yang ditawarkan adalah 2 GB. Namun berbeda dengan Google Drive yaitu jauh lebih banyak karena menawarkan 5 GB. Pastikan bahwa data penting yang kamu simpan sehingga tidak mudah penuh.

Perbedaan lainnya tidak hanya pada kapasitas penyimpanan tetapi juga dengan batasan file yang diupload. Untuk Dropbox jauh lebih sedikit karena batasannya adalah 300 MB. Sedangkan Google Drive bisa mencapai 10 GB.

Namun hal tersebut hanya bisa dirasakan oleh pengguna yang premium. Apabila kamu tidak melakukan upgrade maka kapasitasnya hanya 5 GB. Jadi pastikan bahwa kamu tidak sembarangan menyimpan file.

Sebab jika file yang kamu simpan tidak dipilah maka menjadi cepat penuh. Jadi pastikan bahwa kamu memilih mana yang layak untuk disimpan secara online dan tidak. Pastikan bahwa file tersebut penting. Jadi dengan adanya informasi ini maka bisa memberikan gambaran seperti apa Google Drive dan Dropbox

Sistem Pencarian File yang Juga Menjadi Perbedaan

Salah satu perbedaan lainnya antara Google Drive serta Dropbox adalah pada sistem pencahariannya. Jika dilihat dari kedua aplikasi ini maka Google Drive lebih unggul mengenai sistem pencariannya.

Karena hanya bermodalkan keyword, tipe file, bahkan kalimat yang ada di dalam teks maka kamu bisa mendapatkan file yang diinginkan. Jadi proses pencarian nya bisa berjalan dengan cepat dan tepat.

Tentunya hal ini bisa dilakukan karena Google Drive menggunakan teknologi optical character recognition. Jadi nantinya kamu bisa mencari teks berdasarkan kata yang ada di dalamnya sehingga bisa lebih mudah.

Apalagi kamu akan kesulitan Mencari file karena menyimpan dalam jumlah besar. Namun untuk Dropbox sendiri sistem pencahariannya harus berdasarkan nama file. Hal ini sedikit merepotkan apabila kamu lupa memberi nama file yang dituju.

Baca Juga :   Aplikasi Pengganti Microsoft Word dengan Fitur Lengkap

Pastinya terdapat kelebihan dan kekurangan di Google Drive dan Dropbox. Namun hal tersebut bisa dijadikan bahan pertimbangan sehingga bisa memilih software yang sesuai kebutuhan.

Apalagi kedua software ini juga banyak digunakan sehingga menunjukkan mereka memiliki kelebihan yang berbeda. Jadi agar pekerjaan kamu menjadi lebih cepat dan mudah maka bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Sistem Keamanan yang Ditawarkan Keduanya

Sedangkan sistem keamanan maka kedua aplikasi ini tidak perlu dilakukan lagi. Karena bisa menyimpan data kamu dengan sangat baik dan terhindar dari kebocoran. Namun walaupun sama-sama aman Google Drive jauh lebih cepat sistemnya.

Karena nantinya kamu bisa memberikan perlindungan ekstra dengan 2 langkah perlindungan. Jadi jika seseorang bisa mengakses username dan password akun kamu tetapi belum tentu bisa mengakses data.

Namun hal ini belum diterapkan oleh Dropbox. Oleh sebab itu inilah beberapa perbedaan antara Google Drive dan Dropbox yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan sehingga tidak salah memilih.