Karakteristik Perusahaan Asuransi Terpercaya di Indonesia

Pada dasarnya setiap orang memang harus memilih perusahaan asuransi terpercaya agar tidak mengalami kerugian di masa depan nantinya. Asuransi digunakan untuk melindungi nasabah ketika sedang terjebak masalah baik itu finansial atau kesehatan jiwa dan raga.

Sekarang ini ada banyak produk yang ditawarkan oleh jasa asuransi. Beberapa produk seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dana pensiun dan asuransi properti bisa dipergunakan. Namun sebagai nasabah, Anda harus memperhatikan kualitas layanan yang diberikan.

Biasanya perusahaan asuransi terpercaya memiliki persentase RBC di atas 120%. Risk Base Capital (RBC) merupakan kekuatan keuangan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Jika kekuatan RBC tidak melebihi 120%, maka perusahaan tersebut tidak kuat menanggung beban nasabahnya.

Perusahaan asuransi yang kuat pasti selalu mengutamakan RBC di atas rata-rata. Tujuannya agar nasabah bisa tenang dengan tanggungan yang akan dibebankan ke depannya. Tidak hanya RBC, masih ada karakteristik lain yang diperlukan perusahaan asuransi untuk bisa dipercaya.

Beberapa Karakteristik Perusahaan Asuransi Terpercaya

Setiap perusahaan memiliki kualitasnya masing-masing, sebagai nasabah Anda harus pintar saat melihat kriteria tersebut. Tujuannya untuk menghindari penipuan, kerugian dan mendapatkan tunjangan yang layak. Berikut ini karakteristik yang diperlukan oleh perusahaan asuransi.

  1. Terdaftar di OJK

Perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar pelayannya sesuai standar. Jika perusahaan asuransi belum terdaftar, maka pelayanan di sana tidak sesuai aturan sehingga nasabahnya bisa dirugikan sewaktu-waktu.

Untuk melihat apakah perusahaan tersebut sudah terdaftar atau belum, Anda bisa mengecek di situs OJK secara langsung. Di sana, sudah ada daftar perusahaan asuransi yang memiliki kualitas baik dengan standar internasional dan pelayanannya sudah terjamin terpercaya.

  1. Memiliki Banyak Nasabah

Biasanya untuk meningkatkan RBC perusahaan asuransi terpercaya memiliki banyak nasabah di dalamnya. Semakin banyak nasabah maka kualitasnya semakin baik dari segi layanan dan produknya. Anda bisa melihat jumlah nasabah dengan mendatangi situs resminya langsung.

Baca Juga :   Kesalahan Memilih Perusahaan Asuransi yang Berakibat Fatal

Di dalam situs resmi perusahaan asuransi, terdapat informasi seputar total nasabah dan apa saja produk layanan yang ditawarkan. Pastikan Anda melihat produk dan pelayanannya agar asuransi yang diambil dapat melengkapi kebutuhan di masa depan nantinya.

  1. Memiliki Riwayat Lama

Salah satu ciri khas perusahaan asuransi terpercaya adalah sudah berdiri sejak lama dan ada banyak riwayat di dalamnya. Perusahaan tersebut pastinya sudah berpengalaman dalam menjaga dan mengayomi setiap nasabah sehingga kualitasnya terjamin bagus.

Bahkan, perusahaan yang memiliki riwayat lama juga diyakini memiliki total RBC yang tinggi. Dengan besarnya persentase RBC, tanggungan nasabah bisa tercukupi sepenuhnya. Asuransi bisa diterapkan untuk seluruh nasabah dari berbagai usia dan kendala yang dihadapi.

  1. Jaringannya Luas

Perusahaan asuransi terpercaya pasti memiliki jaringan yang luas dengan persebaran cabang di berbagai tempat. Di Indonesia, setidaknya setiap kota besar memiliki cabang perusahaan asuransi tersebut. Dengan begitu, pelayanan asuransi bisa dimaksimalkan sepenuhnya.

Tujuan lain dari jaringan yang luas adalah untuk mempermudah calon nasabah ketika ingin bergabung ke dalamnya. Dengan jangkauan luas, Anda bisa mendaftar asuransi di masa saja. Selain itu, layanan jasa asuransi juga bisa digunakan pada berbagai wilayah di Indonesia.

  1. Kesepakatan Nasabah dan Perusahaan

Selain pelayanannya, perusahaan juga harus memiliki peraturan yang jelas. Biasanya ketika nasabah mendaftar, terdapat kesepakatan yang harus dilakukan. Kesepakatan tersebut tentu saja terikat dengan hukum sehingga Anda harus memperhatikannya secara menyeluruh.

Kesepakatan berupa berapa besarnya biaya premi dan apa saja fasilitas yang di dapatkan oleh nasabah. Jika memang kesepakatannya sudah jelas, Anda bisa menyetujui pelayanan dari jasa asuransi tersebut. Perusahaan asuransi terpercaya biasanya memiliki beberapa produk yang bisa Anda pilih dengan menyesuaikan kebutuhan pribadi.

Baca Juga :   Belajar Tentang Prinsip Asuransi Jiwa yang Sesungguhnya