Prudential Digeruduk? Pahami Kerugian Asuransi Unit Link

Kerugian asuransi unit link kini dirasakan oleh nasabah Prudential, hal ini terjadi karena nasabah merasa dirugikan dan menuntut uangnya dikembalikan 100%. Untuk mengatasinya pihak Prudential akan menempuh langkah persuasif.

Dilansir dari detik.com pada 19 Januari 2022, Chief Marketing and Communications Officer Prudential mengimbau kepada nasabah untuk melaporkan keluhannya secara resmi dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kerugian asuransi unit link masih jarang diketahui oleh masyarakat luas pada umumnya, akhirnya mereka terlalu terfokus terhadap beragam keuntungan yang akan diperoleh. Hal ini menjadi pemicu munculnya masalah di kemudian hari.

Sebelum mengikuti unit link, sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai seluk beluk polis yang ditawarkan. Baik dari sisi keuntungan atau kerugian yang mungkin terjadi karena beragam faktor. Terlebih dalam sebuah bisnis apalagi investasi sifatnya dinamis, naik turun.

Unit link adalah salah satu produk asuransi jiwa yang dihubungkan dengan investasi. Produk ini menawarkan dua manfaat sekaligus dalam 1 polis yaitu manfaat investasi dengan beragam risiko kerugian asuransi unit link yang dipilih dan manfaat perlindungan.

5 Kerugian Asuransi Unit Link

Meskipun memiliki banyak kelebihan, beragam kerugiannya perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Berikut beragam kerugian yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Tidak Ada Jaminan Keuntungan

Salah satu kerugian asuransi unit link ialah tidak ada jaminan keuntungan. Kondisi ini bisa terjadi karena nilai investasi merosot akibat konsekuensi dari kinerja investasinya memang seperti itu sehingga hal ini perlu Anda pertimbangkan sebelumnya.

Baca Juga :   Asuransi Rugi? Inilah Cara Penyelesaian Sengketa Asuransi

2. Manfaat Investasi Cenderung Kecil

Pada tahun pertama nasabah akan memperoleh hasil investasi yang kecil karena digunakan untuk membayar biaya akuisisi relatif besar. Porsi investasi hanya dapat diambil dari premi yang disetor pada tahun ke lima sehingga tidak lebih banyak dari saham atau reksadana.

3. Nilai Perlindungan Lebih Kecil

Kerugian asuransi unit link selanjutnya ialah nilai perlindungan lebih kecil, hal ini berbanding terbalik dengan jumlah premi yang harus dibayarkan, relatif besar. Berbeda dengan asuransi jiwa murni di mana manfaat sesuai dengan premi yang dibayarkan.

4. Biaya Premi Terus Meningkat Setiap Tahunnya

Biaya premi terus meningkat setiap tahunnya, hal ini telah diinformasikan pada proposal asuransi yang ditawarkan. Di sini nasabah harus terus membayar untuk mendapatkan manfaat dalam jangka panjang, jika tidak biaya kekurangannya akan lebih besar dari jumlah investasi.

3 Kelebihan Asuransi Unit Link

Tidak hanya kerugian, unit link tentunya memiliki beragam keuntungan yang dapat Anda peroleh selama memahami alur kerjanya. Berikut beragam kelebihan yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Memiliki Manfaat Ganda

Salah satu kelebihan unit link ialah memiliki manfaat ganda yaitu perlindungan dan investasi dalam 1 polis yang dipilih. Hal ini akan memudahkan bagi nasabah yang tidak ingin ribet karena tidak perlu pusing memisahkan dana investasi dan perlindungan.

2. Dana Fleksibel

Keuntungan asuransi unit link ialah lebih fleksibel ketika menambah atau menarik dana. Dengan begitu setiap nasabah memiliki peluang untuk menambah, menarik atau mengalihkan dana kapan saja tanpa dipersulit.

3. Memiliki Masa Pertanggungan Panjang

Jika dibandingkan dengan produk asuransi jenis lainnya, unit link memiliki masa pertanggungan cukup panjang yaitu hingga 99 tahun. Informasi ini bisa Anda temukan sebelumnya pada polis. Perhatikan secara teliti beragam manfaat lain yang ditawarkan.

Baca Juga :   Jaminan Hari Tua dengan Menggunakan Asuransi Ketenagakerjaan

Asuransi unit link memiliki manfaat ganda, di mana memiliki jaminan perlindungan sekaligus manfaat dari investasi. Namun cara kerjanya perlu Anda pahami secara detail agar tidak miskomunikasi. Dengan mengetahui kerugian asuransi unit link, nasabah bisa jadi waspada.