Peminat Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan Naik? Ini Keuntungannya

Jenis-jenis asuransi kesehatan saat ini cukup beragam dan menjadi pilihan serta prioritas penting bagi setiap orang yang akan menggunakannya. Maka sebisa mungkin para pengguna akan menyiapkan dana khusus untuk keperluan medis di masa depan.

Richard Sondakh selaku Head of Product Management Manulife Indonesia (8/12/2021) di Jakarta menyebutkan bahwa produk proteksi kesehatan meningkat. Hal ini dipengaruhi faktor pandemi Covid-19 sehingga masyarakat lebih peduli terhadap kondisi tubuhnya.

Proteksi ini digunakan untuk menanggung biaya keperluan medis dengan jenis-jenis asuransi kesehatan yang berbeda. Biaya yang ditanggung bisa berupa berbagai macam pengobatan, perawatan, atau tindakan medis lainnya.

Pengguna bisa membayar premi dalam periode waktu tertentu, misalnya dalam setiap bulan, setiap tiga bulan, setiap enam bulan atau setiap satu tahun. Hal tersebut tergantung pada ketentuan pihak asuransi serta dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan pengguna.

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Setiap orang tentu memiliki pilihan tersendiri dalam mengikuti program proteksi kesehatan. Apalagi sekarang proses pendaftarannya juga cukup mudah dan bisa diikuti oleh siapa saja. Secara umum jenis-jenis asuransi kesehatan di antaranya yaitu:

1.      Asuransi Rawat Inap

Jenis proteksi ini diperuntukan bagi pengguna yang menjalani pengobatan atau perawatan dan harus menginap di rumah sakit. Semua biaya rawat inap akan ditanggung oleh pihak asuransi, misalnya biaya tindakan operasi hingga pemulihan, maksimal selama 24 jam penuh.

Baca Juga :   Asuransi Rugi? Inilah Cara Penyelesaian Sengketa Asuransi

2.      Asuransi Rawat Jalan

Salah satu jenis-jenis asuransi kesehatan ini diperuntukan bagi pengguna yang menjalani perawatan non darurat, sehingga penggunanya tidak diharuskan untuk menginap di rumah sakit. Seperti biaya diagnosis medis, tes lab, serta tindakan medis lainnya.

3.      Asuransi Swasta

Jenis proteksi ini diselenggarakan dan dikelola oleh perusahaan dari pihak atau badan swasta. Pengguna akan membayarkan sejumlah premi secara penuh dalam setiap periode waktu tertentu sesuai dengan jenis-jenis asuransinya beserta segala ketentuan dan persyaratan yang sudah disepakati.

4.      Asuransi Pemerintah

Jenis proteksi ini dikenal dengan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) yang dikelola pemerintah. Orientasinya yaitu penyediaan jaminan untuk masyarakat secara menyeluruh. Proteksi ini juga sangat membantu masyarakat yang kondisi ekonominya menengah ke bawah.

Beragam Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan

Semua jenis-jenis asuransi kesehatan memiliki manfaat yang penting bagi setiap penggunanya yang tujuannya untuk memproteksi diri dan keluarga. Beragam keuntungan yang bisa Anda peroleh jika memiliki proteksi ini, di antaranya yaitu sebagai berikut:

1.      Meringankan Biaya Pengobatan

Keuntungan utama yang bisa diperoleh yaitu terkait biaya pengobatan atau perawatan saat Anda sakit atau saat ada keperluan medis lainnya. Apalagi jika jumlah biayanya besar, maka Anda tidak akan kesulitan untuk membayarnya.

2.      Membantu Menstabilkan Kondisi Keuangan Keluarga

Dengan menyisihkan sebagian dana untuk proteksi kesehatan, maka kondisi keuangan keluarga menjadi lebih stabil. Anda akan sangat terbantu, apalagi jika suatu hari saat sakit atau memerlukan perawatan medis Anda sedang mengalami kesulitan dana.

3.      Kemudahan Akses Pelayanan Kesehatan

Anda juga bisa merasakan kemudahan terhadap akses pelayanan atau perawatan di rumah sakit. Sehingga proses pengobatan menjadi lebih mudah dan praktis. Dengan begitu, maka berbagai kendala atau hambatan bisa diminimalisir.

Baca Juga :   Karakteristik Perusahaan Asuransi Terpercaya di Indonesia

Kondisi tidak terduga bisa terjadi kapan saja, bahkan ketika kita tidak memiliki dana darurat. Melalui proteksi perlindungan kesehatan, Anda tidak perlu khawatir ketika kondisi tidak terduga menimpa diri dan keluarga.

Dari penjelasan diatas, maka Anda bisa memilih jenis-jenis asuransi kesehatan sesuai dengan kebutuhan medis dan kemampuan finansial. Berbagai keuntungannya juga akan membantu Anda untuk mendapatkan berbagai pelayanan kesehatan dengan maksimal.